Wednesday, October 14, 2015

Singapura Tengah Siapkan Transportasi Publik Otonom

Singapura Tengah Siapkan Transportasi Publik OtonomSingapura - Nampaknya Indonesia bakal tertinggal lagi dari negara tetangga Singapura dalam hal transportasi publik. Pihak pemerintah Singapura kini tengah menggodok rencana untuk menciptakan transportasi publik tanpa sopir misalnya bus otonom.

Untuk mewujudkan transportasi publik otonom, Singapura menggandeng beberapa peneliti dari Singapore-MIT Alliance for Research and Technology (SMART), National University of Singapore, dan Kantor Teknologi dan Penelitian.

Selain terkait perkembangan teknologi di bidang otomotif, Singapura dengan populasi 5.3 juta penduduk tidak banyak yang berprofesi sebagai sopir bus atau truk. Hal itu tentu berkaitan nantinya dengan transportasi publik utamanya bus jika profesi sebagai sopir tidak banyak diminati.

"Kami melihat jumlah pengendara truk dan bus yang merupakan tantangan besar bagi kami (pemerintah Singapura). Apalagi populasi penduduk di negara kami yang kecil. Tidak banyak penduduk yang ingin jadi sopir bus atau truk," ungkap Pan King Keong, Sekretaris di Kementerian Transportasi Singapura, dilansir CNBC News pada Rabu (14/10/2015).

Sudah ada beberapa proposal dari perusahaan ternama yang berminat untuk mengerjakan proyek tersebut. Tercatat ada delapan perusahaan beberapa diantaranya yaitu Uber Technologies, BMW, dan Toyota Group.

Lalu, kapan Indonesia menyusul Singapura ya?


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment