Wednesday, October 14, 2015

Ford Gelontorkan Rp 24 Triliun Buat Mobil Pintar di China

Ford Gelontorkan Rp 24 Triliun Buat Mobil Pintar di ChinaBeijing - Untuk mengatasi kelesuan penjualan di China, Ford dengan berani menggelontorkan dana fantastis Rp 24 triliun untuk mengembangkan mobil pintar. Proses penelitian dan pengembangan untuk mobil pintar tersebut akan berlangsung selama lima tahun.

China sebagai pasar terbesar di dunia tengah mengalami kelesuan penjualan mobil pada belakangan ini. Penjualan Ford sendiri mulai Januari hingga Agustus 2015 mengalami penurunan sebesar 12 persen. Pada periode sama tahun lalu, Ford mencatat penjualan 537.977 unit sedangkan tahun ini menurun dengan 531.702 unit.

Demi mendongkrak penjualan, Ford bakal membuat mobil yang terhubung dengan internet, mobil otonom, serta model lain yang dapat memenuhi konsumen di China.

Tak main-main investasi yang dikeluarkan oleh produsen mobil asal Amerika Serikat itu. Rp 24 triliun berani dikeluarkan Ford untuk proses penelitian dan pengembangan.

Mark Fields selaku Ford Chief Executive berpendapat, pertumbuhan pasar di Cina sangat besar. Perubahan minat konsumen yang tidak ingin memiliki mobil namun tetap bepergian menjadi tantangan bagi Ford.

Selain itu, Ford juga berencana akan membuat sistem konektivitas pada mobil yang diberi nama Sync 3. Sistem baru tersebut memberi kemudahan bagi pengemudi untuk mengontol panggilan telepon, hiburan, serta cuaca dan navigasi.

"Kami melihat China sebagai pasar yang sangat besar. Hal ini menjadi peluang bagi kami. Bukan hanya menjual mobil dan truk namun juga menyediakan pelayanan bagi masyarakat yang tidak ingin mobil tapi ingin tetap bepergian," ujar Mark Fields, dikutip The Wall Street Journal, Rabu (14/10/2015).


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment