Sunday, October 25, 2015

Buntut Skandal Uji Emisi, Harga Jual Mobil Disel VW Melorot 16 Persen

Buntut Skandal Uji Emisi, Harga Jual Mobil Disel VW Melorot 16 PersenCalifornia - Skandal uji emisi yang dilakukan dilakukan oleh Volkswagen (VW) pada mobil bermesin diesel berdampak pada harga jual mobil diesel buatannya. Menurut penelitian lembaga riset dan konsultan otomotif, Kelley Blue Book, harga jual mobil disel VW merosot rata-rata sebesar 16 persen.

Pernyataan lembaga riset yang berkantor di Irvine, California, Amerika Serikat yang dilansir Auto Guide, Minggu (25/10/2015), menyebut, penurunan harga jual di acara lelang dan pembelian terjadi setelah sebulan kabar kecurangan uji emisi tersiar.

“Sedangkan harga jual di acara lelang untuk varian bermesin bensin turun rata-rata 2,9 persen” bunyi pernyataan tersebut.

Pembelian mobil baru untuk model TDI yang terkena isu skandal emisi telah menurun rata-rata 2,4 persen. Penuruna pembelian paling signifikan terlihat pada mobil VW Golf SportWagen dan Golf, yang masing-masing melorot 6,2 dan 3,7 persen.

Namun, tiak semua pembelian mobil VW dan merek dibawah Grup VW mengalami penurunan. Tercatat, aktivitas pembelian Audi A3 dan Volkswagen Jetta SportWagen masih naik 1,6 dan 3 persen.

Hanya, diperkirakan banyak dari calon pembeli Audi A3 yang beralih atau cross-shopping ke mobil merek pesaing seperti Lexus NX, BMW Seri 2 dan Mercedes-Benz CLA-Class.

"Menurut analis Kelley Blue Book beberapa lelang masih menunggu penjualan persediaan Volkswagen yang terkena dampak," tutur analis lembaga itu, Tim Fleming.

"Sementara harga lelang Volkswagen diesel menurun, apakah kita bisa melihat fluktuasi harga yang lebih besar dan sebaliknya, tergantung bagaimana stok (mobil disel) yang terkena dampak (skandal uji emisi) ditangani,” imbuhnya.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment