Saturday, November 7, 2015

Ford Mulai Libatkan Robot Dalam Pengujian Mobil

Ford Mulai Libatkan Robot Dalam Pengujian MobilMichigan - Untuk menggantikan posisi manusia dan mengurangi fatalitas yang bakal terjadi, Ford merancang sistem robotik yang akan digunakan untuk menguji teknologi mobil.

Produsen mobil asal Amerika Serikat itu tak sendirian merancang robot. Ford bakal dibantu Autonomous Solutions, Inc. (ASI) untuk mengembangkan teknologi yang akan dikembangkan pada robot.

Sistem tersebut dirancang oleh Ford dan ASI bakal menggantikan posisi manusia saat dilakukan uji coba. Beberapa uji coba yang dilakukan Ford untuk melihat ketahanan mobil otonom produksi mereka di jalan dengan beragam kondisi.

Dilansir Gizmag, Sabtu (7/11/2015), para teknisi dan perancang dari Ford dan ASI mengembangkan software dan komponen untuk mobil otonom. Robot akan dioperasikan untuk menguji coba kendaraan yang akan bekerja seperti layaknya manusia.

Sistem robotik mampu melakukan beberapa gerakan seperti menyetir, mengganti gigi, dan menginjak gas. Software digunakan untuk memberi pemograman pada robot untuk melakukan beberapa tugas yang akan dilakukan pada uji coba.

Nantinya para petugas di control room akan mengawasi kendaraan yang sedang diuji coba lewat kamera dan GPS. Mereka juga secara otomatis dapat menghentikan robot dan kendaraan kapanpun, begitupun dengan menghidupkannya.

Saat ini Ford juga telah menggunakan sistem menyetir yang dilakukan oleh robot untuk menguji coba prototipe truk F Series Super Duty. Pihak ASI mengatakan bahwa ada beberapa pabrikan mobil lain yang telah membeli sistem robot untuk menguji coba teknologi pada ketahanan kendaraan.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment