Sunday, November 22, 2015

Kabut Asap Pengaruhi Jualan Motor Honda

Kabut Asap Pengaruhi Jualan Motor HondaPacitan - Penjualan unit motor Honda diakui turun tahun ini oleh pihak PT Astra Honda Motor. Banyak faktor yang menyebabkan penurunan penjualan, salah satunya kabut asap yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Diakui Direktur Marketing AHM, Margono Tanuwijaya, angka penjualan motor Honda pada tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Penurunan tersebut mencapai 20 persen.

Beberapa alasan terkait penurunan penjualan motor Honda juga dijelaskan Margono. Salah satunya dampak kabut asap yang terjadi di pulau Sumatera. Beberapa diler Honda terpaksa tutup akibat kabut asap tersebut.

"Tahun 2015 dibandingkan 2014 ada penurunan 20 persen. Faktornya banyak. Untuk faktor selain di pulau Jawa, misalnya faktor bencana asap," ujar Margono di sela-sela acara Honda Bikers Day 2015 akhir pekan kemarin.

"Seperti sekarang di Pekanbaru banyak diler tutup sekian lama. Banyak orang jarang keluar rumah. Jadi operasional diler terganggu dan pengaruh juga ke penjualan," lanjutnya.

Selain faktor kabut asap, lemahnya perekonomian yang sedang dialami Indonesia, turut memengaruhi penjualan motor.

"Perekonomian saat ini turun, income konsumen juga turun. Akibatnya daya beli juga turun. Jadi banyak faktor kenapa penjualan kita menurun," beber Margono.

Tahun ini Astra Honda Motor menargetkan penjualan sebanyak 4,5 juta unit. Sedangkan angka penjualan yang tercatat dari Januari hingga Oktober 2015 sebesar 3,7 juta unit.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment