Friday, December 4, 2015

Tidak Selamanya Multitasking Itu Baik!

Tidak Selamanya Multitasking Itu Baik!Jakarta - Seseorang yang bisa melakukan beberapa kegiatan pada satu momen bisa disebut dengan multitasking. Multitasking sering berguna dalam kehidupan kita. Contoh, ketika bekerja di hadapan laptop, Anda bisa sambil mendengarkan musik atau mengobrol sekalipun dengan rekan kerja Anda tetapi tetap fokus pada beberapa kegiatan tersebut. Itulah multitasking yang bermanfaat di kala jenuh ketika bekerja.

Tetapi jangan sekali-kali Anda berbuat demikian ketika berkendara. Multitasking ketika berkendara bukan hanya menyebabkan Anda pada situasi terburuk, namun penumpang yang bersama dengan Anda atau pun lingkungan sekitar bisa ikut berdampak buruk karena multitasking Anda saat berkendara.

Dengan penjelasan singkat di atas, multitasking saat berkendara adalah kegiatan yang berbahaya yang harus dihindarkan. Multitasking justru merugikan karena mengurangi kualitas dan presisi mengemudi.

Terdapat penelitian terkait bidang gangguan utama, yaitu kognitif, visual, audio, manual, dan waktu pemaparan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana reaksi seseorang jika diminta untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus saat mengemudi. Hasilnya adalah penggunaan pesan singkat dan pembicaraan melalui telepon merupakan dua faktor utama penyebab ketidakfokusan mengemudi.

Merokok dan makan juga dapat mengganggu konsentrasi ketika mengemudi, meskipun dengan tingkat yang lebih rendah dibanding menggunakan pesan singkat dan menelepon.

Bukan hanya itu, beberapa objek eksternal seperti iklan atau banner di pinggir jalan juga dapat membuat tingkat konsentrasi menurun.

Maksud dari penelitian ini adalah mengemudi merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan berbagai proses kognitif. Ketika melakukan hal lain, pengemudi tidak memberikan semua yang diperlukan untuk berkendara dengan baik.

Ini membuktikan bahwa multitasking dan mengemudi bukan sesuatu yang cocok dilakukan secara bersamaan.






(ddn/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment