Tuesday, January 26, 2016

Komponen Lokal Yamaha Xabre Sekitar 80 Persen

Komponen Lokal Yamaha Xabre Sekitar 80 PersenNusa Dua - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memproduksi Yamaha Xabre secara lokal di Indonesia. Motor ini lebih banyak menggunakan komponen lokal.

Hal itu disampaikan oleh GM Aftersales Service dan Motor Sport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin. Dia menyebut, sekitar 80 persen komponen lokal digunakan di Xabre ini.

"Komponen lokal lebih banyak, tapi sebagian ekspor. Sekitar 80 persen di Indonesia (komponen lokal)," ujar Abidin usai peluncuran Xabre di The Mulia Resort & Villas, Nusa Dua, Bali, Selasa (26/1/2016).

Bahkan, Abidin mengatakan, sebagian besar komponen yang digunakan Xabre di Thailand (di Thailand menggunakan nama M-Slaz) berasal dar i Indonesia. Sebab, Yamaha R15 saja yang merupakan basis Xabre juga menggunakan komponen dari Indonesia.

"Komponen untuk Thailand sebagian besar komponennya dari Indonesia. Karena R15 juga sebagian dari Indonesia. Cuma dia total assembly di sana untuk ngejar cost. Jadi yang saya dengar dari Indonesia. Karena R15 mereka kan dari kita. Cuma proses assemblyng signifikan (menekan ongkos produksi)," ujar Abidin.

Dia juga mengatakan, Xabre ini merupakan motor yang dibuat untuk pasar Asean. Artinya, semua negara di Asia Tenggara menerapkan desain yang sama.

"Jadi Asean design itu sama-sama. Jadi Xabre ini memang benar-benar dibuat untuk Asean design. Jadi enggak bisa dibilang Thailand duluan berarti desainnya Thailand, enggak juga," tegas Abidin.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment