Tuesday, January 26, 2016

Penjualan Mobil di 2016 Diperkirakan Menurun Lagi

Penjualan Mobil di 2016 Diperkirakan Menurun LagiJakarta - Setelah penjualan 2015 terseok-seok, kini diprediksi penjualan mobil di Indonesia tahun depan juga masih akan lesu. Hal tersebut melihat dari kondisi perekonomian di Indonesia yang terus melemah beberapa kurun waktu terakhir.

Wakil Presiden Automotive & Transportation Practice, Asia Pacific Sullivan, Vivik Vaidya mengatakan menurunnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar menyebabkan kecenderungan penurunan penjualan

Selain itu, melemahnya nilai tukar rupiah juga berdampak pada meningkatnya biaya impor pada komponen dan kendaraan Completely Built Up (CBU). Hal itu menjadikan harga kendaraan menjadi lebih mahal.

Segmen yang diperkirakan mengalami dampak paling tera sa yaitu Low Cost Green Car (LCGC).

"Hal ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap harga dari berbagai tipe kendaraan. Impor CBU terutama mobil mewah, cenderung menjadi lebih mahal," ujar Vivik Vadya.

"Mobil LCGC akan paling terkena dampaknya karena tingginya tingkat lokalisasi," lanjutnya.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil di Indonesia sepanjang tahun mengalami penurunan sebesar 16 persen dibandingkan tahun lalu. Angka penjualan tercatat 1.013.291 unit selama tahun 2015.

Diperkirakan penurunan penjualan kendaraan di Indonesia mencapai 4,3 persen pada tahun ini dengan angka 969.100 unit.
(nkn/lth)

0 comments:

Post a Comment