Sunday, January 3, 2016

Truk Asal China Lebih Populer di Pakistan, Ini Alasannya

Truk Asal China Lebih Populer di Pakistan, Ini AlasannyaKarachi - Semakin besarnya gelontoran investasi infrastruktur di Pakistan telah memicu kenaikan permintaan truk dan kendaraan komersial yang murah sekaligus ‘tahan banting’. Truk-truk buatan pabrikan China ternyata lebih diminati dan lebih populer ketimbang truk buatan Jepang.

Seperti dilansir Inautonews, Kamis (31/12/2015), harga yang lebih murah - dibanding truk buatan pabrikan Jepang - merupakan alasan pertama. Untuk mengantisipasi permintaan yang bakal terus berkembang, Ghandhara Nissan Limited yang merupakan kerjasama Nissan dengan pabrikan lokal China, Dongfeng â€Â" menggenjot produksinya.

Bahkan Ghandhara mematok target penjualan truk nya tahun ini bisa mencapai dua kali lipat, atau 200 unit. Menangapi fakta itu, senior executive director for marketing UD Truck â€Â" pabrikan truk milik Nissan - Muazzam Pervaiz Malik, menegaskan pihaknya juga memiliki harapan serupa yakni menggenjot penjualan di negeri ini.

"Awalnya mereka (konsumen Pakistan) takut tentang kualitas, tetapi China telah meningkat. Dengan koridor (kerjasama) ekonomi China-Pakistan, (terutama dalam pembangunan) bendungan dan jalan raya, kami berharap permintaan truk tumbuh,” ujarnya.

Alasan kedua, Pakistan yang merupakan kekuatan ekonomi terbesar kedua di Asia Selatan â€Â" setelah India â€Â" mengalami laju pertumbuhan ekonomi tercepat sejak 2008 juga mendapat gelontiran investasi dari China.

Tak kurang dari US$ 45 miliar atau Rp 616,5 triliun investasi telah dan akan digerojokan untuk pembangunan infrastruktur di negara itu.

Sementara, menurut Ghandhara, investasi dapat menyebabkan penjualan truk meningkat hingga 50 persen. Sehingga, pada 2020 penjualan truk diperkirakan mencapai 7.000 unit per tahun.

Namun, yang pasti, pendapatan Ghandhara, 2015 diperkirakan naik 10 persen. Terkereknya pendapatan tersebut dipicu oleh penjualan truknya yang dibuat bersama Dongfeng di China.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment