Sunday, January 3, 2016

Beri Solusi Kemacetan, Ford Patenkan Konsep Kendaraan Monowheel

Beri Solusi Kemacetan, Ford Patenkan Konsep Kendaraan Monowheel Dearborn - Ford Motor Company terus melakukan inovasi dalam bidang transportasi. Kini, pabrikan asal Dearborn, Michigan, Amerika Serikat itu diketahui telah mematenkan konsep kendaraan satu roda alias monowheel listrik.

Sebuah laporan yang dikutip Visordown, Minggu (3/1/2016), konsep ide kendaraan itu berasal dari roda belakang dari mobil Ford. Artinya, orang sebelumnya berkendara dengan mobil, memarkir mobilnya, dan kemudian mengambil salah satu ban belakang yakni bagian kiri kemudian dipasangkan ke sasis berikut jok dan setangnya.

Namun, cara seperti itu dinilai kurang praktis. Soalnya, orang yang akan menggunakannya harus melepas dulu ban mobilnya dengan menggunakan dongkrak dan kunci untuk melepas roda. Walhasil, membutuhkan waktu yang tak singkat.

Sementara, inovasi monowheel bukanlah sesuatu yang baru. Sebelumnya, Honda diketahui telah memperkenalkannya pada 30 tahun lalu.

Produsen otomatif dari Jepang itu bahkan telah menciptakan skuter Motocompo pada 1981-1983. Kendaraan iitu dirancang bersamaan dengan perancangan hatchback Honda City. Hanya, proses pengembangan kendaraan itu tak dilanjutkan entah apa alasannya.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment