Tuesday, March 29, 2016

Gaikindo: Bicara Aturan Emisi, Indonesia Sedikit Tertinggal

Gaikindo: Bicara Aturan Emisi, Indonesia Sedikit TertinggalJakarta - Berbagai negara kini telah fokus pada penerapan aturan emisi yang lebih ramah lingkungan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, Indonesia masih tertinggal dengan negara lain terkait penerapan aturan emisi.

Ketua Umum Gaikindo Periode 2016-2019, Yohannes Nangoi mengatakan, Indonesia saat ini masih menerapkan standar emisi Euro2. Padahal, negara tetangga saja sudah menerapkan Euro4.

"Di Malaysia, Thailand sudah Euro4. Indonesia masih Euro2," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Bahkan, menurut Nangoi, Indonesia yang masih menerapkan Euro2 sedikit menyulitkan bagi pabrikan untuk mengekspor kendaraan. Sebab, pabri kan harus membuat kendaraan dalam dua versi yaitu Euro2 untuk pasar dalam negeri dan Euro4 untuk pasar ekspor ke negara lain.

"Kami kan juga ingin jadi pasar ekspor. Kalau kita ekspor Euro4 tapi produksi Euro2 juga berat," ujar Nangoi.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto membenarkan hal itu. Dia menambahkan, pihaknya tinggal menunggu kesiapan pemerintah untuk menyediakan bahan bakar untuk Euro4.

"Tinggal kesiapan pemerintah atau pertamina untuk menyediakan bahan bakar. Roadmap-nya jelas kita ke arah Euro4. Tinggal kapan kesiapan pemerintah," kata Jongkie.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment