Thursday, March 17, 2016

Penjualan Kendaraan Bermotor Turun, Asuransi Ikut Kena Imbasnya

Penjualan Kendaraan Bermotor Turun, Asuransi Ikut Kena ImbasnyaJakarta - Penjualan kendaraan bermotor di Indonesia mengalami penurunan sekitar 16 hingga 17 persen sepanjang 2015. Ternyata memberi dampak pada perusahaan asuransi, salah satunya Asuransi Astra.

Marketing Communication & PR Head Asuransi Astra, Iwan Pranoto Susanto menjelaskan penurunan penjualan kendaraan bermotor sangat terasa dampaknya bagi asuransi.

Hal itu berbanding terbalik dengan jenis asuransi lainnya yang ditangani oleh Asuransi Astra seperti kesehatan dan komersial yang justru meningkat.

"Kalau pengaruh jelas kita terpengaruh. Apalagi 60 persen dari Asuransi Astra itu kendaraan bermotor. Tentu paling berasa. Jenis (asuransi) lain seperti keseha tan malah naik, tapi tidak bisa menutupi," kata Iwan kepada detikOto, Jumat (18/3/2016).

Iwan menambahkan dampak penurunan pada asuransi kendaraan bermotor sangat terasa untuk jenis mobil.

"Penurunan yang lebih kelihatan yaitu mobil. Secara jumlah kalau ngomongin soal customer polis mobil dikit bisa 500 ribu polis hidup. Tapi kalau motor lebih banyak bisa sekitar 3 juta polis ada," tandasnya.

Untuk penjualan mobil berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2015 tercatat 1.031.291 unit, turun dari tahun sebelumnya 1,2 juta unit.

Sementara untuk penjualan motor di Indonesia pada 2015 tercatat menembus 6.480.155 unit atau turun 1.387.130 unit dibanding 2014.
(nkn/lth)

0 comments:

Post a Comment