Thursday, March 17, 2016

Pertamina Ajukan 3 Nama untuk Solar Jenis Baru

Pertamina Ajukan 3 Nama untuk Solar Jenis BaruJakarta - Pertamina dikabarkan akan mengeluarkan jenis BBM diesel/solar baru pada 2016 ini. Tiga nama untuk varian solar itu pun kian bermunculan, mulai dari Solarlite, Diesellite, hingga Dexlite.

Asisten Manager Brand Communication Pertamina, Muhammad Resa memberikan konfirmasi bahwa pihaknya memang akan mengeluarkan solar varian baru. Namun, dari tiga nama jenis yang beredar, ia belum dapat menjelaskan lebih lanjut.

"Kalau brand saya belum bisa memberi tahu. Rencananya kita memang mau mengeluarkan Solar varian baru. Memang ada tiga nama seperti Solarlite, Diesellite, Dexlite. Ya di antara tiga itu," ungkap Muhamad Resa kepada detikOto di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Se belumnya, CEO dan Founder MarkPlus Inc., Hermawan Kartajaya dalam Indonesia Marketeers Festival sempat berseloroh bahwa Pertamina akan meluncurkan BBM baru dengan nama Dexlite.

"Ada Pak Resa dari Pertamina di sini. Yang katanya sebentar lagi akan meluncurkan (BBM) baru Dexlite," ungkap Hermawan.

Terkait spesifikasi bahan bakar diesel terbaru itu, dikabarkan bakal memiliki angka cetane 51 yang lebih baik dibanding bahan bakar solar bersubsidi yakni cetane 48.

Dijelaskan Resa, angka yang lebih tinggi menunjukkan kualitas solar yang lebih baik. Selain itu, peluncuran solar jenis baru ini sekaligus mengikuti perkembangan teknologi pada kendaraan yang saat ini semakin berkembang.

"Solar baru ini pakai Cetane. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus. Kita mengikuti perkembangan teknologi pada kendaraan dan emisi gas buang juga jadi lebih baik," katanya.

Jenis bahan bakar solar yang dijual di Pertamina saat ini yakni solar bersubsidi sert a Pertamina Dex. Angka cetane Pertamina Dex yakni 53 dengan harga jual sekitar Rp 9.600 per liter.
(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment