Wednesday, March 30, 2016

Suzuki, Kapan Ada Mobil Diesel?

Suzuki, Kapan Ada Mobil Diesel?Surabaya - Ada kecenderungan mobil diesel tidak terlalu banyak pilihannya di Indonesia. Kualitas BBM diesel dalam hal ini solar selalu menjadi kambing hitamnya.

Namun setelah Pertamina memutuskan untuk memasarkan BBM diesel baru yang lebih murah dan lebih berkualitas, akankah produsen mobil menyediakan varian yang lebih banyak?

"Di Eropa sudah diesel semua, kalau saya lihat harus ada kombinasi antara premium dan solar. Banyak konsumen yang menanyakan mobil diesel, dan itu bisa jadi volume car," ujar Direktur United Motors Centre Prabowo kepada wartawan di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Dia mencontohkan merek lain seperti Toyota yang menawarkan varian diesel. "Kijang ada bensi n dan solar. Varian dieselnya bisa menambah volume. Solar kan sudah bagus-bagus, tarikannya kenceng," ujarnya

Mobil bermesin diesel untuk ukuran efisiensi pun lebih bagus. "Jika premium misalnya bisa mencapai 1:14 maka jarak tempuh solar lebih bagus," ujarnya.

Deputy Managing Director Sales and Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J Tuilan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J. Tuilan sebelumnya pernah mengatakan pada dasarnya pihaknya sebenarnya tertarik untuk menjual varian Ertiga diesel. Namun, keterbatasan kapasitas pabrik menjadi penghalang.

"Sekarang kami fokus dulu pada mesin bensin. Kalau kita jual Ertiga diesel ketika kapasitas pabrik belum di tambah, berarti jumlah produksi versi bensin kan harus dikurangi. Padahal, permintaan versi bensin saja masih sangat tinggi. Karena itu kami memilih bersabar sampai kapasitas pabrik kita tambah," lugasnya.

Namun Davy tak menepis kabar kalau Ertiga diesel sudah mulai distudi kelayaka nnya di Indonesia.

Di India sendiri Ertiga memiliki pilihan mesin 1.3 liter diesel di samping mesin bensin berkapasitas 1.4 liter.

Mesin diesel yang digendong Ertiga itu memiliki tenaga hingga 88,5 bhp di kitiran mesin 4.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm di 1.750 rpm.

Konsumsi BBM mobil diesel pun lebih irit. Untuk perjalanan di dalam kota, mobil diklaim Suzuki sanggup menembus 20,8 km per liter, untuk luar kota mencapai 24,52 km per liter.
(ddn/lth)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment