Tuesday, April 19, 2016

Berapa Banyak Moge Bodong Berkeliaran di Indonesia?

Berapa Banyak Moge Bodong Berkeliaran di Indonesia?Jakarta - Tahun 2014 kemarin dinilai menjadi salah satu tahun yang paling oke untuk perkembangan motor besar di Indonesia. Diperkirakan motor besar tembus mencapai 3.000-3.500 unit. Namun rupanya angka tersebut banyak motor bodongnya.

"Sekarang semua pabrikan masih meraba-raba berapa banyak motor besar yang ada di Indonesia. Sedangkan kita harus tahu pasar. Melihatnya dari data impor yang masuk? Itu tidak bisa, bagaimana dengan motor tanpa surat (bodong) atau motor yang tanpa mendaftar untuk pajak?" kata Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia, Paulus Bambang Suranto, di Pasific Place Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Dirinya memprediksi, peredaran motor besar bodong di Indon esia terbilang cukup besar. Karena itulah wacana asosiasi motor besar seperti Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia mutlak adanya.

"Ini pentingnya memiliki asosiasi motor besar di Indonesia. Waktu itu ada wacana motor besar akan didata AISI, namun entah karena apa, produsen motor besar akhirnya tidak mau," kata Paulus.

Di data AISI memang sudah muncul data-data moge tertentu keluaran anggota AISI. Misalnya moge Honda, Suzuki, Kawasaki dan Yamaha. Namun moge itu khusus untuk yang dirilis oleh anggota AISI, moge dengan merek yang sama yang dikeluarkan oleh importir umum tidak terekam datanya.

"Jika melihat tahun 2014 sekitar 25 persen (moge) tidak memiliki surat. Tapi makin kemari semakin sedikit. Karena makin kemari, konsumen makin tahu keuntungan memiliki motor besar resmi. Memang harga ada yang perbedaan, tapi kalau ada pelayanan berbeda kan lain. Karena mereka butuh after sales yang memadai, dan keamanan lebih," katanya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment