Tuesday, April 19, 2016

Produsen Mobil Jepang Berlomba Buat Mobil dari Karakter Anime Jepang

Produsen Mobil Jepang Berlomba Buat Mobil dari Karakter Anime JepangTokyo - Jepang dikenal sebagai negara dengan budayanya yang khas dan mendunia, seperti anime, manga dan J-pop. Negara berjuluk Negeri Sakura itu juga mendapat reputasi sebagai basis pabrikan mobil ternama dunia. Untuk meningkatkan reputasi tersebut, sejumlah pabrikan mobil di Jepang menerapkan budaya khas mereka ke dalam mobil atau yang disebut dengan J-factor.

Seperti pabrikan mobil Nissan Motor yang membeli franchise karakter anime Gundam pada supercar mereka GT-R. Dengan nilai franchise $100.000 (Rp 1,3 miliar), mobil memiliki bentuk menyerupai robot seperti Gundam serta bagian lampu belakang yang juga dirancang mirip dengan karakter anime tersebut.

Glob al design chief Nissan Motor, Shiro Nakamura mengatakan Nissan ingin membuat rancangan mobil yang terlihat aneh namun tetap keren serta bentuk layaknya robot pada anime Jepang. Selain itu, Nissan juga ingin membentuk citra supercar yang berbeda dengan merek Eropa seperti Porsche maupun Ferrari.

"Lihat bagian jendela dan atap. Bagian itu tidak mengalir secara lembut dari depan hingga belakang. Kami ingin mengungkapkan sesuatu yang aneh tapi keren, dengan bentuk yang kuat seperti robot anime Jepang. Kami ingin menjadikan merek supercar kami berbeda dari Porsche, Ferrari dan supercar lainnya yang dirancang berdasarkan keindahan dari binatang, seperti jaguar," kata Shiro, dikutip Reuters, Rabu (20/4/2016).

Pabrikan mobil asal Jepang lainnya yang menerapkan J-factor pada model mobil mereka yaitu Toyota Motor Corporation. Bagian grille depan dan lampu LED depan menyerupai bentuk karakter anime yang lucu dari serial Pokemon yaitu Pikachu.

Global design ch ief Toyota, Tokuo Fukuichi mengatakan bentuk yang terinspirasi dari karakter tersebut bukan hanya sekadar gaya namun menjadi tantangan bagi para teknisi untuk meningkatkan aerodinamis pada mobil.

Selain itu, bagi Toyota khususnya untuk merek premium Lexus, J-factor tak hanya soal gaya, namun merupakan bentuk dari fungsionalitas sebuah mobil.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment