Tuesday, June 28, 2016

Ini yang Harus Dilakukan Kalau Mau Mobil Listrik Mengaspal di Indonesia

Ini yang Harus Dilakukan Kalau Mau Mobil Listrik Mengaspal di IndonesiaJakarta - Mobil dan motor listrik kini menjadi tren otomotif dunia. Sejumlah pabrikan berlomba menciptakan mobil dan motor listrik terbaik mereka. Bagaimana dengan di Indonesia?

Melihat tren yang terjadi saat ini, Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), I Made Dana Tangkas menilai perlu pilot project di suatu daerah untuk penerapan kendaraan listrik.

Meski memang perlu diakui, kendala untuk penerapan mobil listrik atau hybrid di Indonesia masih terhalang oleh kondisi infrastruktur maupun regulasi.

Sebagai langkah, Made mengambil contoh di wilayah Bali di mana perlu dibangun infrastruktur serta r egulasi untuk menjadi contoh bagi wilayah lain di Indonesia.

"Saya sebagai anak bangsa melihat mobil listrik atau motor listrik, kalau mau diterapkan itu di daerah tertentu saja. Misalnya di Bali itu kan areanya luas. Bangun listrik di Bali," ujar Made.

Dengan adanya pilot project di satu wilayah, diharapkan daerah lain di Indonesia dapat menerapkan hal yang sama.

"Buat pilot project. Baru masukkan mobil dan motor listrik untuk diterapkan di sana, buat regulasinya. Habis itu baru di copy-paste di tempat lain," katanya.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment