Thursday, July 21, 2016

Ford Kembangkan Material Mobil dari Ampas Bahan Minuman Beralkohol

Ford Kembangkan Material Mobil dari Ampas Bahan Minuman BeralkoholDetroit - Ford melakukan kerja sama yang tidak biasa untuk memproduksi bagian mobil. Produsen mobil asal Amerika Serikat itu berkolaborasi dengan merek minuman beralkohol untuk mengembangkan bagian mobil yang terbuat dari bahan tumbuhan agave.

Dilansir CNN, Kamis (21/7/2016), Ford dalam pernyataannya berharap kerjasama ini mampu mengembangkan bahan bioplastik yang terbuat dari agave. Diketahui agave merupakan bahan untuk membuat minuman beralkohol tequila. Nantinya, ampas agave bekas perasan untuk tequila dimanfaatkan untuk material mobil.

"Ada lebih 400 pond plastik yang menjadi material di mobil. Tugas kami adalah menemukan bahan yang tepat dan ramah lingku ngan untuk membantu planet ini. Ini adalah pekerjaan yang membuat saya bangga dan memiliki dampak luas bagi banyak industri," ujar Debbie Mielewski, Senior Technical Leader Ford.

Nantinya, bahan dari minuman beralkohol itu akan digunakan sebagai material pembuat bagian di mobil seperti kabel, tempat penyimpanan dan tempat cangkir.

Usaha yang dilakukan Ford merupakan langkah komitmen menuju produksi yang ramah lingkungan. Selain menggunakan bahan dari minuman beralkohol, Ford juga telah menggunakan material alami lain seperti busa kedelai, minyak castor, kayu, serat kelapa, selulosa, dan jerami.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment