Thursday, July 28, 2016

Tak Hanya Mobil, Mercy Juga Siapkan Truk Listrik

Tak Hanya Mobil, Mercy Juga Siapkan Truk ListrikStuttgart - Mercedes-Benz menjadi salah satu perusahaan yang fokus pada penekanan polusi udara. Pabrikan itu berniat untuk melahirkan kendaraan nol emisi dengan mobil listrik dan truk besar bertenaga listrik.

Seperti dilansir Motor1, Jumat (28/7/2016), mesin diesel dari kendaraan komersial seperti truk dan bus menjadi salah satu penyumbang emisi di Bumi. Untuk mengatasinya, pabrikan otomotif dituntut memiliki solusi.

Bus listrik sudah dikembangkan beberapa pabrikan. Tinggal truk besar yang belum dibekali tenaga listrik.

Namun, Mercedes-Benz mengembankan prototipe Mercedes-Benz Urban eTruck bertenaga listrik. Ini diklaim sebagai truk berat bertenaga listrik sepenuhnya pertama dengan berat total 26 ton.

Tiga baterai lithium-ion tersemat di dalam sasis truk. Baterai tersebut dipasangkan dengan sebuah motor listrik yang berdekatan dengan hub roda.

Mercy belum merilis data output truk listrik ini. Namun, mereka mengklaim truk listrik ini bisa menjangkau jarak hingga 200 kilometer (km) dalam satu kali pengisian baterai.

Mercedes berharap, truk berat bertenaga listrik ini bisa diproduksi pada 2020. Pabrikan itu juga mengharapkan produsen lainnya untuk mulai mengembangkan truk listrik dalam waktu dekat.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment