Thursday, July 28, 2016

Mobil Otonom di Indonesia? Masih Jauh Lah...

Mobil Otonom di Indonesia? Masih Jauh Lah...Jakarta - Mobil otonom atau mobil yang bisa berjalan tanpa kendali sopir manusia kini mulai dikembangkan oleh beberapa produsen mobil di dunia.

Meski begitu di Indonesia sendiri mobil otonom ini belum akan dikembangkan di Indonesia.

"Masih jauhlah itu mah (pengembangan mobil otonom)," ujar Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Rizwan Alamsyah di Jakarta.

Ia menambahkan mobil otonom tidak bisa digunakan di tempai ramai, hal ini yang membuat mobil tersebut sulit untuk dikembangkan di Indonesia. Rizwan sendiri pernah mencoba mobil jenis ini di Jerman.

"Bukan nggak ada harapan, tapi jalan sendiripun nggak semua jalan, yang di Amerika mereka harus atur dulu jalan tol yang mana nggak sembarangan saya pernah coba di Jerman emang repot jadi kan dia harus kenal jalan, jalannya gak boleh rame-rame banget disini gimana. Lagian disini buat apa tenaga kerja banyak disini," ungkap Rizwan.

Salah satu perusahaan yang tengah mengembangkan mobil otonom yaitu Google. Perusahaan sistem operasi tersebut telah menguji coba mobil otonom mereka dengan menempuh satu juta mil.

Sebelum menuju mobil dengan teknologi otonom sepenuhnya, beberapa pabrikan telah mengembangkan sistem yang mendekati yaitu autopilot. Contohnya pada mobil listrik Tesla Model S dan Model X.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment