Wednesday, December 26, 2012

Mobil Kecil Ford KA Bakal Tutup Usia?

Mobil Kecil Ford KA Bakal Tutup Usia? Amsterdam - Lagi-lagi produsen mobil Ford harus 'menyuntik mati' salah satu variannya yakni Ford KA. Sebelum mobil kecil Ka, Ford harus discontinue SUV Escape untuk pasar mobil ASEAN.

Alasan Ford Ka dimatikan karena mobil model city car tersebut tidak memberikan keuntungan bagi Ford. Selain itu Ford Ka diakui terlalu sempit sehingga tidak cocok masuk kategori mobil global "One Ford".

Dilansir inautonews, Kamis (27/12/2012) Martin Smith, bos desainer Ford Eropa mengatakan Ford Ka hanya cocok untuk pasar mobil Eropa, dan bahkan tidak bisa berkembang di pasar mobil selain Eropa. Ford melihat umur mobil ini tidak panjang seperti varian Ford di pasar mobil global lainnya.

Dalam hal ini Ford sendiri sudah menyiapkan langkah strategis untuk menggantikan posisi Ford Ka, namun tidak dijelaskan Ford. Kabar beredar jika nantinya penerus Ford Ka akan menggunakan mesin 1.000 cc EcoBoost.

"Ini (Ford Ka) tidak lulus dalam uji keselamatan AS. Itu (Ford Ka) dirancang terlalu sempit untuk memenuhi pasar mobil Eropa dan hanya satu tempat. Ini tidak akan lama, saya tidak melihat bahawa mobil ini akan tersebar di beberapa negara," kata Smith.

Smith menilai, pihaknya akan mengembangkan mobil yang lebih agresif dan baik untuk menguntungkan pihak Ford kembali.

"Jenis mobil favorit Alan Mulally saat ini adalah mobil kecil dengan kemampuan global yang dapat menciptakan kualitas tinggi. Ecosport adalah contoh sempurna. Simple, murah dan bisa me-global," tambah Smith.

Ford Ka 3 pintu pertama kali diperkenalkan pada 1996. Generasi kedua Ford KA adalah berbasis dari Fiat 500 yang diproduksi di pabrik Polandia di Tychy.

0 comments:

Post a Comment