Wednesday, December 26, 2012

Penjualan Mobil Listrik di China Tak Sesuai Target

Penjualan Mobil Listrik di China Tak Sesuai Target Beijing - China merupakan negara yang sedang mengalami pertumbuhan pesat di berbagai bidang, terutama otomotif. Selain dilirik oleh pabrikan mobil dari berbagai negara, China juga ternyata memiliki target tersendiri untuk mobil listrik atau electric vehicle (EV) dan beberapa mobil ramah lingkungan lainnya.

Dilansir Carnewschina, Kamis (27/12/2012) pada tahun 2009 lalu pemerintah pusat di China menunjuk 25 kota sebagai daerah untuk uji coba mempromosikan kendaraan hemat energi tersebut dan mengharapkan ada sekitar 52.621 unit mobil listrik yang melakukan uji coba diwilayah tersebut.

Namun, pada akhir tahun lalu angka yang diharapkan tidak menemukan titik terang. Hanya ada 11.949 unit mobil listrik yang berkeliaran di 25 kota itu. Itu artinya target yang telah ditetapkan oleh China tidak sesuai dengan harapan.

Asosiasi Produsen Mobil China melaporkan selama 8 bulan terakhir di 2012 hanya terjual 6.019 unit mobil termasuk 2.661 mobil listrik dan 3.358 mobil hybrid.

Diperkirakan sampai akhir tahun 2012 ini hanya terjual sekitar 9.000 unit. Penjualan tahun ini memang meningkat 10 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, yang paling banyak membeli mobil tersebut berasal dari kalangan pemerintahan setempat yang digunakan untuk alat trasnportasi umum.

Masyarakat biasa lebih lambat dalam membeli mobil tersebut. Hal itu dikarenakan kurangnya infrastruktur pendukung, kinerja kendaraan dan efisiensi ekonomi serta kematangan teknis mobil tersebut.

0 comments:

Post a Comment