Thursday, January 17, 2013

Gaikindo: Mobil Listrik Masih Sulit Diproduksi Massal

Gaikindo: Mobil Listrik Masih Sulit Diproduksi Massal Jakarta - Lewat mobil-mobil Menteri BUMN Dahlan Iskan, boleh dibilang Indonesia tengah demam mobil listrik, tetapi, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mensinyalir mobil listrik masih akan jauh untuk bisa diproduksi massal.

Hal ini sangatlah mungkin, mengingat pabrikan besar dunia saat ini masih hanya memiliki mobil prototipe.

Dan belum berkeinginan untuk memproduksi massal, mengingat masih banyak butuh penelitian yang harus dilakukan.

"Setiap merek pabrikan hampir seluruhnya sudah mempersiapkan mobil listrik, tapi masih ada kendala yaitu di baterai. Salah satunya mengenai berat, daya simpan listrik yang terbatas. Mercedes pernah meluncurkan smart listrik, begitu juga dengan pabrikan lain. Tetapi itu mahal, oleh sebab itu merek-merek di dunia belum mengembangkan mobil listrik secara massal," ujar Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto di Jakarta.

Bahkan Jongkie menilai mobil hybrid yang lebih potensial untuk diproduksi massal.

Hal senada juga diungkapkan Vice President, Automotive and Transportation Practice-Asia Pasific, Frost and Sullivan, Vivek Vaidya.

"Mobil hybrid dan listrik sudah ada kemajuan, tapi masih banyak yang harus dikembangkan. Jadi saya, setuju dengan Pak jongkie, dan ini masih memerlukan teknologi yang lebih matang lagi, untuk bisa diproduksi massal," tambah Vivek.

0 comments:

Post a Comment