Monday, February 25, 2013

Mobil Berbahan Bakar Kopi Pecahkan Rekor Kecepatan

Mobil Berbahan Bakar Kopi Pecahkan Rekor Kecepatan London - Bila selama ini pencarian terkait bahan bakar masa depan terus dicari oleh para ilmuwan, orang pria asal Inggris menggebrak dengan membuat mobil yang bisa berjalan dengan bahan bakar dari ampas kopi. Bahkan mobil ini pun ternyata juga bisa ngebut.

Mobil bertenaga kopi itu mencetak rekor kecepatan untuk menorehkan nama seorang pria bernama Martin Bacon ke dalam Guinness World Records.

Mobil ini sendiri sebenarnya adalah sebuah mobil pikap Ford P100 yang telah dimodifikasi oleh pria 42 tersebut hingga mampu berlari sampai kecepatan 104 km/jam di Manchester, Inggris. Ini adalah kecepatan tertinggi yang pernah dicetak oleh mobil yang menggunakan kopi sebagai bahan bakarnya.

Untuk menjadikan kopi sebagai bahan bakar kendaraan, Bacon menggunakan ampas kopi yang dia panaskan untuk mengurai karbon monoksida dan hidrogen. Gas itu lalu didinginkan dan disaring sebelum hidrogen dibakar untuk menggerakkan mesin.

"Kami senang telah mengambil rekor kecepatan untuk mobil tercepat semacam ini. Ini 'mobil kopi' yang telah bertahun-tahun dalam pembuatan," kata Bacon seperti detikOto kutip dari Daily Mail.

Bacon lalu mengatakan kalau semua mobil sesungguhnya bisa memanfaatkan berbagai bahan alternatif seperti kopi ini asal tahu cara mengolah bahan calon bahan bakar.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment