Sunday, March 31, 2013

Baterai Bermasalah, Mitsubishi Investigasi Outlander Hybrid

Baterai Bermasalah, Mitsubishi Investigasi Outlander Hybrid Jakarta - Sebuah baterai lithium-ion pada Mitsubishi Outlander plug-in hybrid pekan lalu kepanasan, produsen mobil Jepang itu pun kelabakan. Hasilnya, investigasi pun mereka lakukan, bukan hanya pada Outlander, tapi juga pada mobil listrik i-MiEV.

Investigasi itu mereka lakukan untuk berjaga-jaga karena suplier baterai lithium ion ke Mitsubishi ternyata sama dengan Boeing 787 Dreamliner yang juga bermasalah di baterainya. Seperti dilansir Reuters, Minggu (31/3/2013).

Masalah pada baterai terjadi ketika baterai yang dipasok dari perusahaan patungan yang dimiliki oleh GS Yuasa Corp, Mitsubishi Corp, dan Mitsubishi Motors ditemukan rusak dan memancarkan bau aneh. Insiden ini tidak menyebabkan cedera.

Mitsubishi Motors memang sudah mengatakan kalau baterai mobil hybrid dan listirk mereka dibuat di pabrik yang berbeda dan memiliki desain yang berbeda dari yang digunakan oleh Boeing.

Namun, sebagai langkah jaga-jaga, Mitsubishi Motors bertanya pada sekitar pemilik 4.000 Outlander. Mitsubishi sendiri sudah memiliki pesanan untuk lebih dari 8.000 Outlander, namun produksi dan distribusinya akan dihentikan sementara untuk menentukan penyebab masalah.

"Penghentian ini diperkirakan akan memakan waktu satu atau dua minggu," kata pejabat perusahaan Jepang itu seperti detikOto kutip dari Reuters.

(syu/lth)

0 comments:

Post a Comment