Wednesday, March 6, 2013

Nih, Saudara Nissan Juke dari Prancis

Nih, Saudara Nissan Juke dari Prancis Geneva - Nissan Juke akhirnya punya saudara. Namun, saudara Juke itu tidak datang dari Jepang, melainkan dari Prancis. Saudara Nissan Juke itu adalah Renault Captur yang baru saja resmi diperkenalkan.

Nissan dan Renault memang beraliansi. Jadi kedua merek beda negara itu bisa berbagi platform kendaraan. Nah, Renaut Captur ini dibangun pada platform yang sama yang juga digunakan oleh Renault Clio terbaru dan Nissan Juke.

Panjang mobil ini 4.120 mm, sehingga lebih panjang dari ukuran Clio yang ada di angka 3.986 mm tapi sedikit lebih pendek dari Juke yang berada di angka 4.135 mm. Sementara lebarnya 1.770 mm dan tinggi 1.570 mm.

Ketika dirancang, desain mobil ini dibangun dibawah pengawasan bos desain Renault, Laurens Van den Acker. Menampilkan eksterior two-tone sebagai standar, Captur mengikuti tema desain dibentuk oleh Clio baru, dengan desain baru di lampu dan emblem besar Renault di facia.

Di bagian belakang, ekor mobil ini tampak pendek yang mengalir dari Pilar-C untuk membantu membuat Captur terlihat lebih dinamis daripada Juke - dan bisa dibilang lebih menarik.

Dengan dimensi yang lebih besar, maka tidak heran, menurut Worldcarfans, bila kabin mobil yang akan dibangun di pabrik Renault di Valladolid di Spanyol ini pun diklaim lebih lapang dibanding dua saudaranya itu.

Untuk mesin, mobil ini diperkuat dengan pilihan mesin bensin TCe 90 dan TCe 120 EDC serta mesin diesel dCi 90 dan dCi 90 EDC. Untuk diesel, Captur mencomot mesin diesel Clio yang ramah lingkungan karena hanya memproduksi emisi CO2 96g/km, angka itu jauh lebih kecil dari Juke 1,5 DCI yang memancarkan emisi 129g/km.

Dan sebagai standar, Renault mengaplikasi beragam fitur seperti hill start assist dan ESC untuk fitur keamanannya hingga speed limiter with cruise control sampai reach-adjustable steering wheel.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment