Wednesday, May 1, 2013

Ini Alasan Peugeot Belum Niat Bangun Pabrik Rakitan

Ini Alasan Peugeot Belum Niat Bangun Pabrik Rakitan Jakarta - Saat ini pabrikan Peugeot memang belum memiliki pabrik perakitan di Indonesia. Alhasil setiap varian anyar mereka pun langsung didatangkan dalam bentuk utuh dari Prancis ataupun negara lain seperti Malaysia yang merakit 408.

Lalu apa yang menjadi alasan Peugeout belum berkeinginan untuk merakit varian mereka di Indonesia? Meski hingga saat ini Peugeout masih terus mempelajarinya.

"Ada beberapa isu yang membuat kita belum membuat pabrik rakitan di Indonesia," kata CEO PT Astra International Peugeot, Constantinus Herlijoso, di Senayan City Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Pertama masalah logistik, Peugeot tidak mudah melakukan CKD. "Jadi selama ini mereka belum punya CKD operation seperti welding, painting, JIG, dan JIG ini yang paling sulit. Ini mengapa CKD jadi berat," katanya.

Kedua, mengenai rencana kebijakan pemerintah antara LCGC (Low Cost and Green Car) atau LECP (Low Emision Carbon Project).

"Ini juga bisa mempengaruhi strategi kita. Contohnya seperti di Malaysia, Malaysia membuat hibrid bebas dari pajak, ada beberapa komponen yang tax-nya (pajak) Nol, dan akhirnya di sana hybrid mereka jadi tumbuh. Bisa saja nanti di Indonesia seperti itu, nah ini menjadi pertimbangan kita," tambahnya.




(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment