Wednesday, May 1, 2013

Rahasia Ketahanan Stamina Pebalap Formula

Rahasia Ketahanan Stamina Pebalap Formula Jakarta - Mengendarai sebuah mobil Formula 1 memiliki tekanan yang berat bagi fisik. Selain karena down force yang tinggi, tekanan angin juga membutuhkan fisik prima untuk menghadapinya. Nah, untuk melatih fisik para pebalap F1, ternyata ada alat fitnes khusus.

Ferrari mengungkapkan kalau mereka punya senjata rahasia dalam pertempuran mencapai podium yakni membangun sebuah alat fitnes khusus bersama Technogym untuk melatih dan membiasakan fisik para pebalap terhadap tekanan yang terjadi saat balapan berlangsung.



dok Daily Mail.

"Untuk pebalap Fernando Alonso dan Felipe Massa, Technogym F1 Training Machine adalah kunci untuk persiapan balap," kata Technogym seperti detikOto kutip dari Daily Mail.

Technogym memaparkan kalau alat ini diciptakan agar pebalap dimungkinkan untuk melakukan pelatihan yang ditargetkan pada kelompok otot yang digunakan ketika seseorang berkompetisi dengan mobil balap, seperti leher dan tangan yang harus tetap kuat hingga akhir balapan.

"Kami memiliki banyak rasa hormat untuk driver F1, yang beberapa diantaranya adalah atlet paling baik di dunia. Driver F1 harus sangat kuat untuk menahan besar G-force yang dihasilkan oleh mobil balap mereka," tambah mereka.

Para ahli menemukan bahwa selama perlombaan di mobil F1 ketegangan fisik rata-rata terjadi pada lengan karena tekanan yang setara dengan tekanan puluhan kilo.

To train the forearms, the steering wheel of the machine has a load of 25kg and is fitted with a vibration device


Akibat tekanan fisik dan sempitnya kokpit pebalap, maka driver juga akan berkeringat hingga 3 kg dari berat badan mereka selama perlombaan sementara leher mereka juga akan menderita karena besarnya G-force.

Nah, alat ini diklaim Technogym mampu melatih fisik pebalap agar kuat menahan tekanan-tekanan tadi. Di helm yang disediakan, ada kabel yang akan menghasilkan resistensi yang mirip dengan simulasi percepatan mobil dan gerakan perlambatannya.

Getting it in the neck: Hooking up front and rear elastic cables to the driver¿s helmet produces resistance similar to that of a car¿s rapid acceleration and deceleration motions

Sementara kait di sisi memungkinkan latihan otot leher untuk membantu pengemudi melawan efek dari kekuatan sentrifugal. Dan untuk melatih lengan, kemudi mesin memiliki beban nominal 25 kg dengan tumpukan berat 2.5kg masing-masing.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan mekanisme yang menggabungkan gaya berat dengan getaran untuk meniru getaran intens dan konstan yang terjadi di trek balap.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment