Monday, May 13, 2013

Lamborghini Dapat Lampu Hijau Produksi SUV

Lamborghini Dapat Lampu Hijau Produksi SUV Jakarta - Setelah nasibnya mengambang, Lamborghini akhirnya memastikan kelahiran Sport Utility Vehicle (SUV) kencang mereka, Lamborghini Urus. Mobil ini diperkirakan akan mulai diproduksi pada 2017 mendatang.

Lamborghini Urus menurut Auto Guide kini sudah menerima lampu hijau untuk diproduksi dari dewan direksi Audi dan VW yang merupakan induk dari merek Italia ini. Dan 2017 sebagai awal produksi juga sudah terkonfirmasi.

Pada versi konsepnya, mobil yang akan berbagi platform dengan VW Touareg dan Porsche Cayenne yang sama-sama menggunakan platform PL73 ini memiliki tiga pintu dengan kabin yang mampu menampung 4 penumpang. Tingginya hanya 1,66 meter dengan roda 24 inchi.

Namun, karena menyandang nama Lamborghini, hampir pasti tenaga yang dimilikinya akan sangat besar. Kabarnya Urus akan menggunakan mesin 4.200 cc V8 dari Audi dengan tenaga mencapai 600 hp. Namun Bentley pun dikabarkan akan menyumbangkan mesin 6.000 cc konfigurasi W12 pada Urus.

Nama Urus sendiri diambil dari nama satu jenis leluhur banteng yang disebut Julius Caesar sebagai banteng liar di pegunungan Eropa yang sudah lama punah. Urus yang juga dikenal sebagai Aurochs adalah banteng purba raksasa dengan tinggi hampir 1,8 meter.

Tubuh Lamborghini Urus akan dibuat seringan mungkin edngan interior minimalis yang dibentuk dari karbon dan diperkuat serat polimer dan posisi duduk yang lebih rendah dari seluruh pesaingnya.

Tapi, patut diingat kalau Urus bukanlah SUV pertama Lamborghini. Karena dunia mencatat Lamborghini pernah mengeluarkan model SUV pertama mereka di pertengahan 80an dengan nama LM002, sebuah rakasa bermesin bermesin V12 yang tetap diproduksi sampai 1992. Tapi dari segi penjualan mobil ini tidak bisa dibilang sukses karena hanya mampu diproduksi Lamborghini sebanyak 300 unit saja.

Dengan Urus, Lamborghini sepertinya punya banyak harapan. Sebab, mobil ini diproyeksikan untuk menjadi tulang punggung penjualan mereka di masa depan.

Setelah diproduksi nanti, tiap tahun merek Italia ini berharap ada 3.000 Urus yang terjual di seluruh dunia dengan fokus penjualan di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Rusia, Timur Tengah dan China.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment