Wednesday, January 22, 2014

IJ-EPA Dievaluasi Bagaimana Nasib Alphard cs?

IJ-EPA Dievaluasi Bagaimana Nasib Alphard cs?Jakarta - Selama beberapa tahun terakhir, produsen mobil Jepang dimanjakan dengan kerjasama kemitraan ekonomi Indonesia-Jepang (IJ-EPA).

Mobil-mobil CBU buatan Jepang yang memiliki cc besar seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand mengalami potongan harga yang cukup besar begitu mendarat di Indonesia.

Namun kini tersiar kabar pemerintah akan mengevaluasi IJ-EPA setelah 5 tahun diteken dengan Jepang. Apa komentar pabrikan soal ini?

"Kalau memang ada, kita tidak masalah. Kita ikuti peraturan pemerintah. Pokoknya ikutin saja," kata General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM) Widyawati di sela-sela acara Bantuan Penanganan Bencana Banjir' Toyota-PMI di gedung PMI, Gatot Subroto, Rabu (22/1/2014).

Tapi menurut Widya, pihaknya belum mendengar rencana penghapusan IJEPA tersebut. Jika memang ada rencana itu, TAM akan menunggu resmi.

"Belum dengar keputusan itu. Biasanya kalau sudah putus baru kita dengar," ucapnya.

Bila dilihat lebih dalam bukan tidak mungkin IJ-EPA yang dihapuskan akan memberatkan mobil CBU Jepang. Soalnya setelah Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dinaikkan menjadi 125 persen, pabrikan otomotif Jepang harus membayar bea masuk yang cukup tinggi.


0 comments:

Post a Comment