Wednesday, January 22, 2014

Tata Motors Punya Mesin Turbo

Tata Motors Punya Mesin TurboNew Delhi - Produsen mobil asal India, Tata Motors kini punya mesin turbo. Mesin itu adalah mesin bernama 'Revotron' dan akan menjadi mesin masa depan bagi mobil-mobil mereka.

'Revotron' menurut Car Advice merupakan mesin bensin masa depan Tata Motors yang akan mencakup unit mesin tiga dan empat silinder. Untuk mesin pertama, ada mesin 1.2 liter dengan empat silinder lengkap dengan turbocharged.

Namun uniknya, meski sudah mengaplikasi turbo, kekuatan mesin ini pada rpm 5.000 hanya 63 kW atau sekitar 84 hp saja. Masih tergolong kecil bila dilihat dari kapasitas dan aplikasi turbonya. Namun, torsi mobil ini cukup besar yakni mencapai 140 Nm.

Di mesin ini ada sistem multi-point fuel injection, drive-by-wire throttle, multi-drive mode dan ‘Smart’ electronic control unit (ECU). Tata Motors mengklaim kalau teknologi mesin yang digunakan ini akan merevolusi industri otomotif.'

Sebab, mesin ini dirancang untuk lebih tenang dan lebih halus dibanding mesin Tata yang ada sekarang. Terlebih, mesin ini dibuat sendiri oleh Tata dengan masukan dari Bosch, Honeywell dan konsultan mesin Austria AVL yang kemudian dipadukan dengan umpan balik dari pemilik dan penggemar serta ahli dari seluruh seluruh dunia.

Presiden kendaraan penumpang Tata Motors Ranjit Yadav mengatakan kalau langkah ini merupakan pergeseran strategis terhadap portofolio mereka dan akan mengukuhkan rencana mereka untuk melakukan ekspansi ke seluruh dunia.


0 comments:

Post a Comment