Thursday, January 30, 2014

Puluhan Mahasiswa Siap Harumkan Nama Indonesia

Puluhan Mahasiswa Siap Harumkan Nama IndonesiaJakarta - Di saat sebagian mahasiswa sibuk menyiapkan demo, puluhan mahasiswa dari 12 universitas di Indonesia bergulat untuk membuat mobil ramah lingkungan. Mereka siap membawa nama Indonesia untuk berlomba di Manila, Filipina.

Ada 18 tim mahasiswa dari 12 universitas di Indonesia yang akan berangkat ke Manila, Filipina untuk berkompetisi di final Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2014.

Ini adalah pertama kalinya tim-tim Indonesia dengan mobil ciptaannya akan bertarung melawan tim-tim dari 14 negara di trek jalan raya. Mereka bersaing menjadi tim pemenang yaitu tim yang dapat menempuh jarak terjauh dengan 1kWh atau 1 liter bahan bakar saja.

Kompetisi sendiri akan dilakukan di Luneta Park, sebuah taman bersejarah di jantung kota Manila yang akan dipenuhi ratusan mahasiswa dari berbagai negara di Asia dan Timur Tengah pada 6-9 Februari 2014.

18 tim mahasiswa dari 12 universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan akan bertarung dengan mahasiswa se Asia. Namun selain Asia, Shell sebagai pihak penyelenggara menggelar SEM di kawasan lain yaitu Amerika dan Eropa.

SEM diadakan bukan sebagai kompetisi untuk mencari kendaraan tercepat, tetapi untuk menantang para pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan teknologi kendaraan masa depan yang mampu menempuh jarak terjauh dengan menggunakan sumber energi dengan jumlah paling sedikit.

Hal yang menggembirakan dan membanggakan adalah, sejak pertama kali SEM Asia diselenggarakan tahun 2010 yang diikuti oleh 8 tim dari Indonesia, partisipasi tim-tim Indonesia semakin meningkat sampai dengan 18 tim peserta Indonesia tahun ini dengan latar belakang yang beragam, tidak terbatas pada universitas-universitas besar. Ada sekitar 20 orang per tim.


0 comments:

Post a Comment