Thursday, January 30, 2014

Sekolah Mengemudi Mobil Ada Sejak 1903

Sekolah Mengemudi Mobil Ada Sejak 1903Jakarta - Saat ini banyak ditemui tempat belajar mengemudi atau sekolah mengemudi kendaraan roda empat. Tidak hanya di kota-kota besar, sekolah mengemudi ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Nah, untuk diketahui ternyata sekolah mengemudi sudah ada sejak 1903 atau 111 tahun yang lalu di Inggris, dan 18 tahun setelah ditemukannya mobil oleh insinyur dari Jerman, Karl Benz.

Dilansir autoexpress, Kamis 30/1/2014), surat izin mengemudi pertama dikeluarkan oleh legulator Inggris pada 1903. SIM pertama mendata nomor kendaraan dan nama si pengemudi.

Saat itu, cukup jarang sekolah mengemudi. Bahkan pengendara mobil harus mengambil surat tersebut di kantor pos tanpa uji coba yang akurat.

Nah, seiring dengan perkembangan zaman keberadaan SIM terus berkembang di sana. SIM pun hanya diterbitkan oleh Departemen Perhubungan pada 1931.

Pada 1935, pada tanggal 16 Maret, UU Lalu Lintas Jalan Inggris diubah dan mengharuskan pemohon SIM harus lulus uji coba jalan. Cukup jarang pemohon lulus uji coba yang disediakan pemerintah Inggris.

Hanya ada 1 orang bernama J Beene. Dia orang pertama yang lulus tes mengemudi di Inggris. Pada Juni 1935, pemohon wajib tes mengemudi sebelum mendapatkan SIM. Saat itu ada 246.000 pemohon SIM, dan tingkat kelulusan hanya 63 persen. Lokasi tes mengemudi cukup jarang dan hanya memanfaatkan lahan parkir mobil dan stasiun kereta api.


0 comments:

Post a Comment