Monday, February 17, 2014

Malaysia Ingin Imbangi Indonesia dan Thailand

Malaysia Ingin Imbangi Indonesia dan ThailandKuala Lumpur - Malaysia kini tengah memutar otak untuk mengimbangi laju pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia dan Thailand. Sebab, penjualan mobil di Malaysia kalah jauh dengan penjualan mobil di kedua negara tadi.

Malaysia memang kini tengah gencar untuk mendorong pertumbuhan sektor otomotif mereka. Berdasarkan rencana bisnis yang di ajukan oleh berbagai perusahaan, produksi mobil di Malaysia (termasuk untuk ekspor) bisa dinaikkan dari 600.000 unit menjadi 1,3 juta unit pada 2020.

Angka itu setara dengan penjualan mobil di Indonesia dan Thailand yang tahun lalu saja masing-masing sudah mampu melepas 1,2 juta unit dan 1,3 juta unit.

Malaysia juga hendak meningkatkan kontribusi sektor otomotif ini terhadap PDB mereka dari hanya 3,5 persen menjadi 10 persen di 2020 mendatang.

Salah satu strategi Malaysia untuk masa depan adalah dengan menjadikan Malaysia sebagai basis produksi kendaraan ramah lingkungan untuk wilayah Asean dengan memberikan insentif pada perusahaan asing yang serius membuatnya di Malaysia.

Berbagai kemudahan pun dijanjikan terlebih sudah ada beberapa perusahaan otomotif internasional yang melirik Malaysia sebagai tempat produksi mereka atau tempat yang tepat untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka seperti Mazda, Honda dan Nissan seperti merek China, Great Wall.

Selain perusahaan asing, Proton dan Perodua juga akan menguatkan diri mereka di sana.


0 comments:

Post a Comment