Monday, February 17, 2014

Tips Agar Motor Kembali Fit Setelah Tertutup Abu Vulkanik

Tips Agar Motor Kembali Fit Setelah Tertutup Abu VulkanikJakarta - Setelah debu vulkanik dari Gunung Kelud tak lagi melanda, saatnya bersih-bersih motor Otolovers. Pemilik motor harus memperhatikan beberapa komponen di luar mesin yang akan cepat rusak kalau tidak segera dicek.

Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin menjelaskan pengendara motor harus mengecek komponen yang mayoritas menggunakan gemuk seperti rantai, bearing, as roda dan lain-lain. Kalau untuk motor matik harus segera cek CVT-nya.

"Setelah motor dicuci, filter udara dibersihkan juga cek bagian komponen yang ada gemuknya. Pada bagian itu biasanya nempel debu, dicek dan bersihin kalau bisa lumasi gemuk lagi," sarannya.

Menurut Abidin kandungan pelincin pada gemuk untuk memperpanjang umur pakai komponen. Jika komponen kekurangan gemuk besar kemungkinan kinerja komponen kurang baik. Seperti pada rantai.

Komponen rantai ini bisa memanfaatkan pelumas rantai atau ada juga yang menggunakan gemuk karena lebih irit. Terlepas dari itu, kalau pelicinya rusak karena debu, tentu perputaran rantai berisik dan mengganggu.

"Kondisi itu yang tidak diinginkan. Maka dari itu cek komponen yang dilumasi gemuk agar performa motor fit lagi," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment