Friday, February 28, 2014

Toyota Ajari Pegawai Bea Cukai Komponen Kendaraan

Toyota Ajari Pegawai Bea Cukai Komponen KendaraanJakarta - Bea Cukai merupakan ujung tombak pengawasan barang-barang yang masuk ke Indonesia, tak terkecuali produk otomotif. Karena itu untuk Toyota memberikan pelatihan khusus untuk aparat Bea Cukai.

"Melalui pelatihan ini, lanjutnya, petugas Bea Cukai diharapkan mempunyai knowledge dalam proses dan teknik pemeriksaan produk otomotif, sehingga dapat membantu dalam kelancaran pekerjaan mereka," ujar Direktur PT Toyota Astra Motor, Samuel Manasseh, dalam siaran pers, Jumat (28/2/2014).

Pelatihan yang diberikan adalah berupa Diklat Pemeriksaan Barang Otomotif yang sudah dilaksanakan sejak 2007. Tujuan pelatihan dalah untuk memberikan informasi dan pengenalan komponen kendaraan, terutama Toyota, yang sering ditangani oleh petugas Bea Cukai.

Pelatihan yang diberikan meliputi dua hal, yaitu Basic Automotive dan Vehicle Identification Number.

Dalam Basic Automotive, materi pelatihan yang diberikan meliputi Garis Besar Komponen Kendaraan, Komponen & Cara Kerja Mesin Kendaraan, Komponen & Cara Kerja Drive Train, Komponen & Cara Kerja Brake System, Tipe Steering System, Body Kendaraan, dan Pengenalan Hybrid Technology.

Sementara itu, dalam pelatihan Vehicle Identification Number akan diberikan materi pelatihan berupa Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK/VIN) dan Sertifikasi & Registrasi Kendaraan Bermotor.

Selain pelatihan bagi petugas Bea Cukai, pelatihan lainnya yang sudah dilakukan adalah pelatihan bagi Balurjabar TNI AL, Lembaga Pendidikan Polri Psd. Lantas, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, serta Paspampres.

"Toyota Indonesia mempunyai komitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas, dengan memberikan pelatihan yang tidak hanya dilaksanakan untuk internal Toyota namun juga melibatkan instansi pemerintahan,” kata Samuel.


0 comments:

Post a Comment