Tuesday, March 4, 2014

Ban Mobil Ini Ada Chip-nya Kayak Telepon Genggam

Ban Mobil Ini Ada Chip-nya Kayak Telepon GenggamJenewa - Ajang Geneva Motor Show 2014 tidak hanya disesaki produsen mobil ternama, produsen ban terkemuka Dunlop juga turut meramaikan acara lebarannya produsen mobil dengan menampilkan ban pintar.

Di ajang tersebur Dunlop menghadirkan ban dengan teknologi mutakhir yang tertanam mikrochip di balik karetnya. Nah, chip tersebut dapat mengirimkan informasi mengenai tekanan angin ban, suhu dan rincian identifikasi ban ke komputer onboard mobil.

Dilansir autocar, Selasa (4/3/2014) data tersebut informasi penting mengenai kondisi ban untuk membantu pemilik kendaraan. Chip-nya sendiri berukuran sangat kecil yaitu chip berukuran 1 cm.

Jika chip mengirim data kerusakan maka sistem komputer pada mobil dapat secara otomatis memperbaiki algoritma kontrol longitudinal dan lateral kendaraan, untuk memberikan performa ban yang tentu saja meningkatan impresi berkendara.

Dengan chip tersebut kinerja mobil lebih baik. Teknologi ini disebut-sebut Dunlop sebagai langkah maju yang besar untuk perusahaan ban.

Dunlop terus melakukan uji coba pada teknologi anyar tersebut sebelum bisa dipasarkan akhir 2014. Teknologi ini sebelumnya diuji coba pada ban motor di kompetisi Moto2 dan Moto3 dengan sebutan chip berteknologi anyar yang menggunakan sinyal RFID (Radio-Frequency Identification).

"Hari ini sistem kontrol kendaraan canggih bisa menguntungkan pengendara dan memberikan informasi spesifik," kata insinyur senior di Goodyear Dunlop, Marc Engel.


0 comments:

Post a Comment