Tuesday, March 4, 2014

Setahun Tewas, Gumpert Lahir Kembali

Setahun Tewas, Gumpert Lahir KembaliGeneva - Setelah sempat bangkrut pada tahun lalu, produsen mobil sport asal Jerman bangkit kembali. 'Ledakan' pun disiapkan.

Produsen mobil sport asal Jerman bernama Gumpert pada akhir 2013 lalu menyatakan bangkrut. Hal ini membuat sedih dunia otomotif. Sebab meski Gumpert tidak sebesar Ferrari, Lamborghini atau Bugatti adalah merek yang cukup disegani.

Perusahaan yang berbasis di Altenburg, Thuringia, Jerman ini didirikan oleh mantan petinggi Audi Roland Gumpert pada Januari 2004. Sejak setahun lalu perusahaan ini memang diketahui tengah sekarat sampai akhirnya dikabarkan tewas akhir tahun lalu.

Salah satu produk yang telah dihasilkan Gumpert adalah Gumpert Apollo. Sebuah supercar yang didukung oleh mesin V8 4.2-liter bi-turbo yang mampu menyemburkan tenaga hingga 650 hp.

Merek ini mulai terkenal pada tahun 2009 setelah Apollo Sport mencatat rekor lap baru di jalur legendaris Nurburgring-Nordschleife.

Nah di awal tahun ini, Gumpert kembali reborn dengan menghadirkan Gumpert Explosion di Geneva Motor Show yang kini tengah digelar setelah Gumpert bekerja sama dengan sebuah perusahaan Inggris bernama Formvision.

Berbekal Gumpert Explosion, Gumpert sepertinya ingin menunjukkan pada dunia kalau mereka masih punya taji meski mobil ini masih berupa konsep.

Terlebih, Gumpert Explosion mampu melahirkan kekuatan 420 tenaga kuda dengan torsi 520 NM meski hanya memiliki mesin 2.0 liter saja.

Bandingkan dengan Toyota 86 dan Subaru BRZ yang menggendong mesin Boxer 4 silinder berkapasitas 2.0 liter yang hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 200 hp dan torsi maksimum hingga 205 Nm.

Gumpert Explosion S bahkan lebih kuat lagi karena mampu melahirkan kekuatan hingga 510 tenaga kuda dengan torsi 625 Nm. Padahal mesin yang digendongnya hanya berkapasitas 2.5 liter dengan 4 silinder saja. Demikian dilansir Auto Evolution.

0 comments:

Post a Comment