Monday, March 3, 2014

Daihatsu: Kandungan Lokal Xenia Sudah 89 Persen

Daihatsu: Kandungan Lokal Xenia Sudah 89 PersenJakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus meningkatkan kandungan lokal MPV Xenia sampai 89 persen demi menekan ketergantungan komponen impor. Tahun lalu, kandungan lokal MPV Xenia baru mencapai 88 persen.

"Ada peningkatan dari 70 persen ke 89 persen," kata Executive Officer Purchasing PT ADM, Erlan Krisnaring di sela-sela perayaan 10 tahun Xenia di hotel Four Season Jakarta, Senin (3/3/2014).

Dia menjelaskan produksi MPV Xenia melibatkan 300.000 tenaga kerja dan 300 suplier baru dari Indonesia. Kandungan lokal yang dimiliki Daihatsu akan terus ditingkatkan kualitasnya seiring dengan penambahan permintaan kendaraan 7 penumpang MPV Xenia di Tanah Air.

"Sudah menciptakan lebih dari 300 ribu pekerjaan baru. Sudah ada pertambahan lebih dari 300 suplier baru," tukasnya.

Sementara itu Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra menjelaskan untuk meningkatkan kandungan lokal sebesar 1 persen di tahun ini cukup sulit. Kendati demikian ADM dijelaskan Amel terus berusaha menekan ketergantungan komponen impor.

"Naikkin 1 persen saja susah. Tapi kami akan teruskan tingkatkan sampai ke zero. Sampai akhir tahun ini 89 persen. Tahun lalu sekitar 88 persen," ucap Amel.

Amel menegaskan masih ada komponen impor untuk MPV Xenia mengingat tidak bisa dibuat di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Komponen tersebut berupa gear yang masih didatangkan dari luar. Untuk mesin 1.000 cc dam 1.300 cc sudah diproduksi di Karawang, Jabar.

"Bagian yang membutuhkan posisi tinggi, misalnya gear. Mesin dibuat di Indoneia di pabrik Daihatsu di Karawang. Hanya bagian tertentu seperti gear masih impor," tutup Amel.


0 comments:

Post a Comment