Monday, March 3, 2014

Mau Diapakan Koleksi Mobil Mantan Presiden Ukraina?

Mau Diapakan Koleksi Mobil Mantan Presiden Ukraina?Kiev -

Kondisi Ukraina masih panas. Di sela berita ketegangan, presiden terguling Viktor Yanukovych ternyata memiliki koleksi puluhan kendaraan yang bila dikumpulkan bisa dijadikan sebuah museum.
Keadaan Ukraina memang terus memanas. Setelah protes terus berlangsung yang pada akhirnya membuat Yanukovych terguling, kini Rusia siap masuk ke wilayah Krimea di Ukraina.

Di tengah ketegangan itu, kondisi rumah Yanukovych masih terawat. Rumah tersebut terlihat mewah dengan kebun binatang mini dan lapangan golf. Bahkan ada kapal bajak laut.

Namun, di samping itu, Yanukovych ternyata juga memiliki sejumlah besar koleksi kendaraan. Mulai dari limusin Rusia, ZiL hingga kendaraan militer vintage dan berbagai sepeda motor antik. Mobil klasik seperti 1950 Bentley Continental S1 and a 1963 Chevrolet Impala juga ada di sana.

Belum diketahui jumlah keseluruhan dari koleksi Yanukovych ini, ada kabar yang mengatakan jumlahnya lebih dari 70 unit.

Sebagai bayangan, kendaraan anak Yanukovych saja yang telah disita ada 12 kendaraan. Semua ditemukan di sebuah gudang di luar Kiev dan semuanya dibalut cat hitam mulai dari Mercedes-Benz G-Class AMG, Range Rover Sport hingga Bentley.

Kostyantyn Andriyuk seorang reporter televisi 1+1 yang mendapat akses untuk melihat koleksi Yanukovych mengatakan kalau jumlah koleksi Yanukovych sangat banyak. Dia sempat mengabadikan mobil-mobil tersebut.

"Video pertama adalah untuk mengatur lelang dan mengirim semua uang untuk amal. Tapi sekarang, banyak orang ingin melihatnya sebagai museum," katanya di New York Times.

Meskipun koleksi yang masih dalam kondisi baik tersebut terletak di dalam kediaman pribadi Yanukovych, semuanya secara teknis adalah milik negara.

"Saya berharap mereka membawa semua ke museum Ukraina, bersama dengan tanda khusus yang mengatakan 'Museum Korupsi Ukraina '," tambah Andriyuk.


0 comments:

Post a Comment