Friday, March 21, 2014

Ini Rahasia Suara Knalpot Bisa Terdengar 'Adem' atau 'Nyaring'

Ini Rahasia Suara Knalpot Bisa Terdengar Jakarta - Suara knalpot racing ternyata bisa diubah sesuai kemauan para pengendara. Bagaimana rahasianya menjadikan suara knalpot lebih terdengar adem atau nyaring?

"Bagaimana suara knalpot bisa adem atau nyaring? Tergantung sama saringan dan gasbul (peredam) di dalamnya," ungkap mekanik khusus knalpot Sangapta Jaya Motor (SJ Knalpot), Sutomo (55) kepada detikOto.

"Seperti saringan (seperti sarang tawon di dalam knalpot) yang berada di dalamnya itu yang bagus memiliki ukuran 1 milimeter, dan ini bisa membuat lebih awet gasbul. Ini yang membuat suara knalpot lebih adem," tambah Sutomo.

Begitu juga untuk bisa mendapatkan suara knalpot yang nyaring, maka saringan dalam knalpotnya menggunakan ukuran saringan yang lebih besar.

"Suara racing, hanya dibedakan saringan gasbul di dalamnya juga, dan memiliki mekanisme yang berbeda pada dalam knalpotnya. Seperti tidak menggunakan tabung yang memutar udara (dari Hiler langsung keluar) untuk bisa keluar. Dan ukuran lubang saringannya itu lebih besar antara 2-3 milimeter," ucapnya.

"Baru sehabis itu bentuk knalpot akan disesuaikan dengan mobilnya," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment