Friday, March 21, 2014

Mengintip Mesin Irit BBM Ford Fiesta

Mengintip Mesin Irit BBM Ford FiestaJakarta - Konsumsi BBM yang irit adalah faktor nomor 1 yang menjadi pertimbangan calon pembeli mobil segmen kelas menengah. Mengetahui fakta ini, Ford pun memperkenalkan mesin 1.000 cc di Ford Fiesta.

Di situs resmi Ford, Fiesta yang dibekali mesin 1.000 cc atau 1.0L EcoBoost memiliki rata-rata konsumsi BBM mencapai 1:15,7. Jika dipakai di luar kota mobil bisa menembus 1:19. Sedangkan di dalam kota mencapai 1:13,6.

Bagaimana Ford bisa membuat mobilnya menjadi irit seperti itu? Mesin 1.0L EcoBoost merupakan mesin yang terkecil di kelasnya.

Mesin EcoBoost tiga silinder adalah mesin yang halus dengan tenaga dan torsi yang besar, memberikan tenaga 120 PS dan torsi puncak sebesar 170 Nm. Ford mengklaim mesin yang senyap dan mulus ini akan menghasilkan tenaga serta performa yang mampu menandingi mesin bensin 1.6-liter tradisional.

Dengan 25 persen lebih sedikit parts yang bergerak, 1.0-liter EcoBoost menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih tinggi serta emisi yang lebih rendah.

Dari ukurannya, mesin ini cukup kecil untuk ditaruh di atas selembar kertas A4 atau disimpan di bagasi atas kepala kabin pesawat. "1.0-liter EcoBoost merupakan mesin terkecil di keluarga mesin EcoBoost global Ford yang terus bertumbuh," tulis situs Ford.

Mesin ini juga memperlihatkan banyak teknologi yang belum pernah ditemui di kendaraan Ford sebelumnya, misalnya:


  • Turbocharger super-kecil dan sangat responsif mengantarkan daya dengan cepat ketika throttle dibuka dari rpm rendah. Kemampuan turbocharger untuk mencapai hampir 248.000 rpm tanpa jeda turbo secara virtual, menjadikan New Fiesta cepat dan menyenangkan untuk dikendarai.
  • Exhaust manifold dicetak ke kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan air untuk mencapai rasio optimal bahan bakar terhadap udara melintasi rev band yang lebih lebar.
  • Blok cast iron yang unik memanaskan mesin dengan lebih cepat dibandingkan dengan blok aluminium konvensional, memotong besarnya energi ‘pemanasan’ mesin sebanyak 50 persen serta meningkatkan penghematan bahan bakar.
  • Sistem “split cooling” yang mempunyai thermostat terpisah untuk kepala dan blok silinder memungkinkan pemanasan mobil dengan cepat.
  • Dua drive belt utama pada mesin direndam di dalam oli untuk memberikan mesin yang lebih senyap dan lebih efisien sementara pompa oli variabel memastikan tekanan oli optimal di rentang kecepatan penuh.

"Tujuan kami dengan new Ford Fiesta adalah mengambil mobil populer yang sudah menjadi pemimpin di segmennya dalam hal efisiensi bahan bakar, performa dan kepribadian, serta menjadikannya bahkan lebih baik lagi. Kami yakin bahwa kehadiran 1.0L EcoBoost sebagai tambahan varian new Fiesta akan terus mendorong batasan yang ada dan menetapkannya sebagai pemimpin segmen mobil kecil," kata Managing Director PT Ford Motor Indonesia Bagus Susanto.


0 comments:

Post a Comment