Friday, May 30, 2014

Ford Kembangkan Sistem Kemudi 'Pintar'

Ford Kembangkan Sistem Kemudi Dearborn - Sistem kemudi yang ringan berkat Electronic Power Steering (EPS) itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika gerak kemudi sedikit tapi roda berputar lebih banyak tanpa mengurangi presisi saat berbelok?

Ya, itu yang dilakukan pabrikan mobil Ford. Pabrikan mobil asal Amerika Serikat itu mengembangkan sistem kemudi terbaru 'Ford Adaptive Steering Technology'. Teknologi ini membuat gerak kemudi lebih tepat tanpa harus memutar kemudi berkali-kali.

Seperti detikOto kutip dari situs resmi Ford, teknologi kemudi ini untuk memudahkan pengendara saat akan parkir dan saat mobil berkecepatan tinggi.

Untuk membuat sistem kemudi 'pintar' itu, Ford menambah sistem gir di dalam setir tanpa harus mengubah rack dan pinion yang sudah ada pada rangkaian sistem kemudi sebelumnya.

Contoh mudah pada saat mobil parkir. Dengan sekali putar kemudi 180 derajat, maka posisi roda berbelok sama dengan ketika memutar kemudi 360 derajat. Artinya dengan sekali putaran kemudi, maka roda 2 kali lipat berputar.

Kerja kemudi dibantu dengan aktuator atau motor elektrik yang disemat pada sistem gir yang kemudi terinstal pada roda kemudi. Aktuator bertugas mengatur sistem kemudi agar kemudi mudah berbelok dengan angle (sudut) roda depan yang lebih besar.

Dengan teknologi tersebut, maka kerja pengemudi lebih ringan tanpa harus memutar kemudi berulang-ulang pada saat parkir, manuver ke kiri ataupun ke kanan.

Saat pada kecepatan rendah, saat harus bermanuver di pertigaan yang sempit, sistem ini membuat mobil lebih gampang dibelokkan. Sementara saat pada kecepatan tinggi, sistem akan memudahkan kendaraan untuk bereaksi lebih smooth dan lebih tepat dengan input dari pengemudi.

Adaptive Steering


Sistem Adaptive Steering akan tersedia dalam beberapa line up mobil Ford beberapa tahun ke depan. Sistem ini dikembangkan Ford bareng Takata.

0 comments:

Post a Comment