Monday, May 26, 2014

Populasi Motor Sudah Sampai 70 Juta, Bakal Dibatasi?

Populasi Motor Sudah Sampai 70 Juta, Bakal Dibatasi?Jakarta - Tingkat kepemilikan sepeda motor masyarakat Indonesia telah mencapai 70 juta unit dan terus tumbuh. Apa yang membuat kepemilikaan alat transportasi roda 2 tersebut terus meningkat?

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menerangkan melonjaknya jumlah sepeda motor dipicu oleh minimnya transportasi massal di perkotaan dan pedesaan. Alhasil demi masyarakat lebih pilih sepeda motor untuk transportasi sehari-hari.

"Kita motor punya 70 jutaan. Itu lebih banyak motor daripada mobil," kata Bambang kepada wartawan di Kementerian Perhubungan Jakarta, Senin (26/5/2014).

Wamenhub telah menyampaikan kondisi tersebut saat menjadi pembicara dan peserta pada International Transport Forum di Jerman. Bambang menilai meroketnya jumlah sepeda motor, tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Negara maju dan berkembang lainnya juga mengalami persoalan serupa.

"Ternyata fenomena dahsyat bukan hanya dialami negara kita. Vietnam, India, China, Taipei juga sama. Negara maju juga alami pertumbuhan sepeda motor yang pesat," jelasnya.

Pertumbuhan kendaraan yang pesat tersebut memicu rentannya persoalan keselamatan di dalam berkendara. Alhasil pemerintah sedang merumuskan program keselamatan untuk pengguna sepeda motor.

"Ada yang menyelidiki cara kurangi kecelakaan motor. Bagaimana batasi kecepatan motor. Tapi kita tidak bisa sendirian. Industri penting untuk terlibat. Publik atau masyarakat juga diikutkan kampanye," terangnya.


0 comments:

Post a Comment