Thursday, May 22, 2014

Suzuki: Kami Akan Instrospeksi Diri

Suzuki: Kami Akan Instrospeksi DiriJakarta - Dalam beberapa tahun belakang merek motor Suzuki seperti terpuruk di kancah roda dua Indonesia. Suzuki pun mengaku sadar akan hal tersebut dan menjadikan kenyataan itu sebagai bahan instrospeksi mereka.

Penjualan Suzuki memang tidak terlalu menggembirakan. Dalam empat bulan pertama 2014 saja penjualan mereka terus turun tiap bulannya.

Bila pada Januari 2014 mereka mampu menjual 30.012 motor, angka itu turun di Februari menjadi 25.900 unit saja. Penurunan kemudian masih terus terjadi ketika di Maret hanya ada 25.162 motor Suzuki yang terdistribusi di Indonesia.

Dan di April lalu, kembali penjualan Suzuki harus mengalami penurunan karena angka penjualan mereka hanya 23.019 unit saja. Dengan begitu, total 106.093 unit saja yang bisa dijual Suzuki dalam 4 bulan pertama 2014 atau 3,90 persen dari total pasar motor yang ada.

2W Marketing Division Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Endro Nugroho pun mengakui keterpurukan Suzuki. Karena itu, mereka kini tengah melihat kembali langkah yang mereka sudah lakukan untuk mencari apa yang salah.

"Saya kira sekarang yang paling penting bagi Suzuki adalah harus melihat strategi yang paling pas," katanya tadi malam. "Saya lihat ada bagusnya. Ini menjadi tahap awal untuk melihat apakah strategi saat ini sudah pas atau belum," tambahnya lagi.

Menurut dia, salah satu kelemahan Suzuki adalah di sektor skuter. Penetrasi pasar skuter Suzuki tidak terlalu dalam padahal pasar skuter merupakan pasar terbesar di Indonesia saat ini dengan pertumbuhan yang konsisten.

Untuk itu, Suzuki menurut Endro akan memfokuskan diri membenahi lini skuter mereka. Suzuki ingin menikmati kue pertumbuhan model skuter yang kini tengah terjadi.


0 comments:

Post a Comment