Friday, June 27, 2014

Cerita Bos Indomobil yang 'Angkat Tangan' Bikin Proyek Mobnas

Cerita Bos Indomobil yang Jakarta - Deretan embrio mobil nasional (mobnas) sudah banyak dikembangkan oleh para praktisi otomotif di dalam negeri. Namun hasilnya banyak yang berguguran tak berkembang alias gagal.

Hal ini dialami oleh Soebronto Laras, tokoh otomotif yang sudah lama malang melintang di industri otomotif roda empat maupun roda dua. Soebronto yang kini menjadi Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) menceritakan masa-masa semangatnya tokoh-tokoh lokal membangun mobnas seperti Aburizal Bakrie, BJ Habibie, hingga dirinya.

"No way. Saya sudah pernah bawa tim saya sampai ke Inggris semuanya, jawabnya big zero, lisensi mahal, shift mahal, LCGC susah, tanya Pak Ical (Aburizal Bakrie)," kata Soebronto di Wisma Indomobil, Jalan MT Haryono, Jakarta, Jumat (27/6/2014)

Kelompok usaha Bakrie pernah mengembangkan Beta 97 MPV. Mobil ini adalah proyek yang dibuat pada tahun 1994 oleh Grup Bakrie melalui PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). Bakrie ketika itu ingin menjadikan Beta 97 MPV sebagai mobil nasional. Untuk itu, Bakrie pun meminta bantuan rumah desain Shado asal Inggris untuk menciptakan desain awal mobil ini.

Pada bulan April 1995 desain Beta 97 MPV pun telah selesai dan mulai diperlihatkan ke manajemen Bakrie. Setelah itu, desain tersebut langsung dikembangkan sampai prototipe mobil ini selesai di tahun 1997.

Bakrie juga sudah mulai menyiapkan segala aspek pendukung mobil ini mulai dari perakitannya hingga ke persiapan anggaran produksi untuk memenuhi jadwal peluncuran mobil yang sesungguhnya disiapkan pada bulan Desember 1997. Tapi sayang, krisis ekonomi menenggelamkannya sebelum terbang.

"Pak Habibie juga pernah bikin proyek mobil Maleo, itu bawa 200 orang ahli otomotif, tapi nggak jalan, mereka justru kehilangan pekerjaan, nganggur," katanya.


0 comments:

Post a Comment