Wednesday, June 18, 2014

Volvo Made In Tiongkok Segera Mendunia

Volvo Made In Tiongkok Segera MenduniaJakarta - Volvo kini tak hanya diproduksi di Swedia saja, menyusul pembelian merek itu oleh produsen Tiongkok, Geely, mobil-mobil Volvo bakal berlabel 'Made in Tiongkok'. Volvo buatan Tiongkok pun bakal segera mendunia.

Zhejiang Geely Holding Group sebagai induk merek Volvo siap mengekspor Volvo rakitan Tiongkok ke AS dan Rusia mulai tahun depan.

Dilansir reuters, Kamis (19/6/2014), Geely akan mengirim Volvo S60 dengan sumbu roda yang lebih panjang (S60L). Sementara Rusia mendapat pasokan XC90 mulai akhir tahun depan.

Jumlah unit yang diekspor ke AS dan Rusia dari Tiongkok adalah sebesar 10.000 unit untuk S60L dan beberapa ribu unit XC90 per tahun.

Geely berusaha menembus pasar AS dengan merek Volvo yang dulunya merek mobil asal Swedia. Sebab Geely mengatakan pihaknya berhasil menjual 62.200 kendaraan di AS tahun lalu.

Pembelian Volvo oleh Geely pada 4 tahun lalu sempat mengejutkan dunia otomotif. Sebagai produsen Tiongkok, Geely yang belum memiliki pengalaman banyak di dunia otomotif diragukan kapabilitasnya untuk membawa Volvo ke jalur yang lebih hijau, jalur yang menguntungkan.

Namun Yale Zhang, konsultan Shanghai Automotive Foresight mengatakan prospek Volvo di bawah kepemilikan Geely dan pendiri Li Shufu sekarang tampak mengesankan seiring permintaan mobil mewah di Tiongkok melonjak.

Penjualan Volvo di Tiongkok tahun ini diprediksi bakal melonjak hingga 50 persen atau melebihi 90.000 unit.

Hasil itu membuat Tiongkok berhasil menggeser AS sebagai pasar terbesar Volvo di dunia, sekaligus di atas target semula 80.000 unit.

"Li telah begitu sabar dengan Volvo dan sekarang terbayar semua," kata Zhang.

0 comments:

Post a Comment