Friday, July 18, 2014

Apakah Ide Bagus Menjual Mobil Sebelum Masa Kredit Habis?

Apakah Ide Bagus Menjual Mobil Sebelum Masa Kredit Habis? Jakarta - Besarnya keinginan untuk dapat memiliki sebuah mobil membuat orang menempuh berbagai cara untuk dapat membelinya, baik itu membeli mobil bekas maupun membeli mobil baru secara kredit.

Kredit mobil merupakan salah satu fasilitas kredit yang diberikan bank/perusahaan kredit kepada pihak peminjam/nasabah untuk pembelian mobil.

Jangka waktu kredit mobil pada umumnya hampir sama dengan kredit tanpa agunan, yakni berkisar antara satu hingga lima tahun.

Akan tetapi, ada beberapa perusahaan yang dapat memberikan kredit hingga tujuh tahun dengan paket atau persyaratan tertentu saja. Setiap kredit mobil dapat membiayai mobil idaman Anda hingga 70% atau 80% dari harga mobil tersebut, hal ini tergantung dari pihak penyedia pinjaman/bank dan ketentuan masing-masing.

Uang muka atau down payment merupakan persentase dari harga mobil yang harus peminjam bayarkan kepada pihak penjual pada awal proses pembelian mobil.

Persentase ini berkisar antara 20% hingga 30% dari harga mobil, sehingga jika Anda ingin mendapatkan mobil idaman Anda maka Anda harus setidaknya memiliki sejumlah uang sekitar 30% dari harga kendaraan tersebut.

Ada juga sistem kredit mobil yang dinamakan balloon payment. Dalam sistem balloon payment ini, debitur atau konsumen membayarkan DP mobil sebesar minimal 30% dari harga mobil. Lalu, pada tiga tahun pertama, debitur melakukan cicilan 20% dari harga mobil, dan pada tahun keempat hingga kelima debitur membayar sisa cicilan sebesar 50%.

Jenis kredit seperti ini banyak diminati konsumen karena hingga tahun ketiga cicilan yang dibayarkan terlihat kecil. Padahal, menginjak tahun keempat dan kelima, cicilan jadi sangat besar, bahkan debitur yang tidak siap bisa mengalami kredit macet.

Hal tersebutlah yang membuat banyak konsumen untuk menjual mobilnya sebelum masa kredit habis, atau melakukan pengalihan kredit kepada pihak lain. Ada beberapa keuntungan dan kerugian bagi Anda yang ingin melakukan penjualan maupun pembelian mobil sebelum kredit habis atau melakukan oper kredit. Jadi apa pengaruhnya buat pembeli dan penjual mobil?

0 comments:

Post a Comment