Sunday, July 20, 2014

Di Asia, Indonesia Negara ke-3 dengan Populasi Motor Terbanyak

Di Asia, Indonesia Negara ke-3 dengan Populasi Motor TerbanyakJakarta - Sepeda motor memang menjadi sarana transportasi yang paling menjanjikan. Tidak hanya terbilang murah, mudahnya mobilitas juga menjadi satu alasan mengapa motor menjadi begitu populer. Indonesia menjadi negara ke-3 dengan populasi motor terbanyak di Asia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, dalam diskusi 'Mudik selamat, Meredam Petaka Jalan Raya', yang digelar Independent Bikers Club, bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, Astra Honda Motor, dan Road Safety Association.

"Di 2010 terdapat sekitar 455 juta sepeda motor digunakan di seluruh dunia, atau sekitar 69 sepeda motor per 1.000 penduduk. Sedangkan mobil hanya terdapat sekitar 782 juta mobil di dunia atau sekitar 118 per 1.000 penduduk," kata Bambang.

"Data statis menunjukkan bahwa periode 2002-2010, laju pertumbuhan sepeda motor mencapai 10,8 persen atau 3 kali lipat dibandingkan dengan laju pertumbuhan mobil yang mencapai 3,6 persen. Jadi yang menarik adalah laju pertumbuhannya, dimana motor sangat berkembang didunia," ujar Bambang.

Tidak berhenti sampai disitu, lanjut Bambang. Dan pengendara motor paling banyak terdapat di wilayah Asia.

"Sekitar 79 persen sepeda motor berada di Asia. Di kawasan Asia pada tahun 2010, China (Tiongkok-Red) memiliki paling banyak sepeda motor yaitu 110 juta, diikuti India mencapai 82 juta, Indonesia 60 juta dan Vietnam mencapai 31 juta. Berdasarkan WHO pada 2013 kemarin," ujarnya.

Dan dirinya pun memperkirakan tidak menutup kemungkinan saat ini pertumbuhan motor akan terus berkembang.

'Dan jika dilihat dari proporsi sepeda motor terhadap kendaraan (termasuk mobil penumpang, truk dan lain-lain-Red). Ada 10 negara Asia yang memiliki proporsi motor terbesar di 2010. Di antaranya Vietnam mencapai 96 persen, Kamboja 63 persen, dan Indonesia mencapai 83 persen," tambah Bambang.



0 comments:

Post a Comment