Sunday, July 20, 2014

Hilang Konsentrasi 1 Detik = 16,7 Meter Mobil Tidak Terkendali

Hilang Konsentrasi 1 Detik = 16,7 Meter Mobil Tidak TerkendaliJakarta - Mengemudi, entah itu motor atau mobil merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Satu detik saja kehilangan konsentrasi, kendaraan telah belasan meter berjalan tanpa kita kendalikan. Berbahaya kan.

Ketika mengemudi, para pengendara disarankan untuk menghindari berbagai hal yang menggangu konsentrasi mereka. Hindari hal yang mengganggu seperti makan sambil nyetir atau bahkan mengutak-utik ponsel. Saat sudah lelah, lebih baik beristirahat.

"Sebab, sekejap saja kita kehilangan konsentrasi itu sangat berbahaya," kata Manager Comm & Event Garda Oto Iwan Pranoto dalam diskusi 'Insurance is Lifestyle' yang diselenggarakan Garda Oto bersama ngaBLOGburit blogdetik.com.

"Sebagai gambaran saja ya, dalam kecepatan 60 km/jam yang dianggap banyak orang masih kecepatan pelan saja, 1 detik kita tidak memperhatikan jalan dengan baik maka mobil itu sudah berjalan 16,7 meter tanpa kita kendalikan," jelas Iwan.

"Ini sangat berbahaya karena menyangkut nyawa, bukan hanya si pengendara, tapi pengguna jalan lain," lugasnya.

Selain harus memperhatikan masalah konsentrasi tadi, pengendara menurutnya harus pula memperhatikan jarak aman antara kendaraannya dengan kendaraan di depan. "Agar kita bisa bereaksi dengan baik bila ada kejadian di depan," tuntasnya.



0 comments:

Post a Comment